Apa Itu Kamera DSLR ?

Apa Itu Kamera DSLR ? – Kamera DSLR sudah menjadi salah satu atribut yang wajib dibawa saat seseorang berniat untuk berlibur ataupun mengunjungi tempat yang baru. Jenis kamera ini banyak digunakan dan dipilih karena memiliki kualitas gambar yang jernih dan juga bersih. Tetapi, banyak yang belum terlalu paham apa itu kamera DSLR yang sebenarnya?.

Simak terus ya pembahasannya jangan di skip, okee!!!

Apa Itu Kamera DSLR ?

Jika diulas lebih dalam mengenai apa pengertian kamera DSLR, kalian akan menemukan bahwa:

kamera dslr sony
kamera dslr sony

Digital Single Lens Reflex atau biasa disingkat (DSLR) adalah kamera yang memanfaatkan penggunaan sistem cermin otomatis dan juga pentamirror atau pentaprisma yang dapat meneruskan cahaya dari lensa ke dalam viewfinder tadi.  Sederhananya, viewfinder merupakan sebuah lubang kecil yang letaknya berada di belakang kamera tempat dimana kita biasanya mengintip objek yang hendak kita di foto.

DSLR juga memiliki komponen-komponen yang menyusunnya. Sebut saja komponen tersebit yaitu lensa, shutter, cermin pantul, layar focusing, pentaprisma, dan lensa condenser, serta viewfinder.

Cara Kerja Kamera DSLR

Apapun objek yang terlihat pada saat kita akan mengintip melalui lubang viewfinder pada bagian belakang kamera, yang merupakan apa nantinya akan menjadi hasil akhir dari foto atau gambar. Pantulan cahaya yang sudah dihasilkan oleh objek foto yang akan masuk melewati lensa dan menuju ke cermin pantul. Kemudian, cahaya tersebut akan diteruskan ke dalam pentaprisma.

Di sana, cahaya akan diarahkan untuk masuk menuju dua cermin terpisah kemudian akan diubah dari vertikal ke horizontal. Baru setelahnya akan masuk ke area viewfinder. Pada saat memotret, reflex mirror (cermin pantul) akan berayun ke atas dan membiarkan cahaya yang masuk untuk terus maju dan lurus, kemudian shutter akan terbuka. Proses tersebut mengakibatkan cahaya yang masuk tadi kembali lagi ke sensor digital.

Sesuai dengan shutter speed yang sudah disetting, shutter akan tetap terbuka untuk waktu yang sudah ditentukan. Sensor akan terus merekam informasi cahaya yang sudah berhasil menerobos masuk. Kemudian, reflex mirror  kembali pada posisi awalnya. Hal tersebut akan mengakibatkan cahaya yang tadinya datang melalui lensa akan terpantul ke atas dan kembali muncul pada bagian viewfinder.

Saat ketika gambar diolah atau akan diubah melalui sensor digital, processor di dalam kamera akan mengambil semua informasi yang sudah berhasil terekam dan mengubahnya ke dalam format yang sudah sesuai.

Semoga dengan artikel ini kalian dapat mengenal lebih dalam mengenai kamera DSLR, Selamat Belajar !!.

Leave a Comment