Apa Itu Multitasking

Apa Itu Multitasking РHai teman Рteman, bertemu lagi dengan kami. Bagaimana kabar kalian hari ini? kami harap teman Рteman pembaca yang ada diluar sana selalu dalam keadaan yang sehat. Pada artikel kali ini kita akan membahas seputar multitasking. Mengenai apa itu multitasking, bagaimana contohnya serta hal Рhal lain yang berkaitan dengan multitasking.

Apakah kamu pernah melakukan atau mengerjakan beberapa aktifitas secara bersamaan? contohnya saja membaca sambil meminum kopi, makan sambil menonton youtube dan lain sebagainya. Jika kamu pernah, maka kamu telah menerapkan multitasking di kehidupan sehari – hari mu. Lalu, apa yang sebenarnya dimaksud dengan multitasking itu? lalu apa peran penting dari multitasking, kemudian apa kelebihan dan kekurangannya?. Berikut akan kami jelaskan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan tersebut.

Pengertian Multitasking

apa itu multitasking
apa itu multitasking

Multitasking adalah suatu kemampuan untuk mengerjakan dua bahkan lebih pekerjaan sekaligus. Pada saat melakukan multitasking, pekerjaan tersebut bisa saja dilakukan secara bersamaan atau juga bisa berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Metode atau teknik multitasking ini sering dianggap dapat meningkatkan produktivitas, namun dengan teknik ini juga terdapat banyak kelebihan serta kekurangannya masing – masing.

Teknik multitasking tidak selalu bisa diterapkan ke dalam semua aktivitas. Biasanya pekerjaan yang bisa dilakukan secara bersamaan adalah pekerjaan yang saling berhubungan dan keberadaannya tidak mengganggu pekerjaan kita yang lain.

Kelebihan dan kekurangan Multitasking

Berikut ini kami akan menjelaskan kelebihannya terlebih dahulu

  1. Pekerjaan cepat selesai
    Kelebihan pertama dari multitasking adalah pekerjaan cepat selesai, karena kamu bisa mengerjakan dua pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Selesainya pun secara bersamaan.
  2. Lebih menghemat waktu
    Yang seharusnya selesai seperti target yang normal, kita bisa mempercepat pengerjaan, sehingga pekerjaan selesai dalam jangka waktu kurang atau lebih cepat dari biasanya. Sehingga kamu bisa memanfaat kan lebih banyak waktu untuk istirahat atau produktif lagi.

Sekarang, kami akan menjelaskan kelemahan dari Multitasking :

  1. Menurunkan produktivitas
    Loh mengapa demikian? bukannya malah produktif ya?. Bener sih, namun seringkali kamu menyelesaikan pekerjaan multitasking yang bersifat semu. Apabila kamu mencoba untuk menonton youtube sambil membaca buku, maka kamu akan kehilangan konsentrasi. Akhirnya pekerjaan ini akan kamu ulang – ulang dan tidak cepat selesai.
  2. Kurang efektif
    ketika mengerjakan dua aktifitas atau pekerjaan sekaligus, seringkali mendapatkan hasil yang tidak maksimal. hal ini dikarenakan kamu tidak fokus terhadap satu pekerjaan, sehingga pikiranmu terpecah. Ketika fokus kamu turun, maka kualitas dari pekerjaanmu juga akan menurun.

Nah, sekian dulu penjelasan yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Comment