Perbedaan Wifi dan Hotspot ?

Perbedaan Wifi dan Hotspot ? – Pasti kalian sudah mengerti bahwa wifi dan hotspot sudah tidak asing lagi di dalam telinga kalian. Karena hampir setiap hari di setiap jam, menit, detik kalian selalu berhubungan dengan sua hal itu. Tetapi tidak sedikit orang beranggapan hotspot dan wifi adalah dua hal yang sama padahal sebenarnya tidak.

Kenal Lebih Dekat Dengan WiFi

Wireles Fidelity atau sering disingkat menjadi WiFi adalah sebuah protokol teknologi komunikasi nirkabel yang sudah berbasis area lokal. Jaringan ini sangat banyak digunakan dalam bentuk area kecil seperti rumah, kampus, kantor, dan area lainnya. WiFi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di era yang sudah serba modern ini.

Keberadaan wifi dimana-mana memudahkan para pengguna tanpa harus berfikir perihal lanjut penyebaran dan infrastruktur. Hotspot tidak sama dengan wifi, Hotspot adalah sebuah lokasi fisik yang sudah menyediakan akses intenet dengan memanfaatkan jaringan wifi.

Hotspot bisa diakses secara pribadi dengan cara menyambungkan kabel USB, semisal dari perangkat ponsel kalian ke perangkat komputer. Selain itu, hotspot juga biasanya disajikan oleh layanan publik seoerti instansi pemerintahan, sekolah, dan area lainnya.

Perbedaan Wifi dan Hotspot ? 

perbedaan wifi dan hotspot
perbedaan wifi dan hotspot

Dapat diuraikan di atas mungkin kalian sudah mempunyai bayangan terkait perbedaan dari wifi dan hotspot. Berikut ini adalah ringkasan perbedaannya:

  1. Wifi menggunakan perangkat tanpa adanya kabel sebagai titik akses, sedangkan Hotspot menyediakan jalur akses ke dalam router untuk mendapatkan koneksi internet.
  2. Kecepatan akses pada Wifi lebih cepat jika dibanding dengan Hotspot, sedang hotspot tidak  bisa jalan jika tidak tersambung dengan sebuah WiFi.
  3. Jaringan Wifi bisa dibangun oleh personal atau penyedia lokal sedangkan Hotspot harus bergantung dengan adanya sebuah instansi.
  4. Wifi mempunyai tingkat keamanan yang lebih baik daripada Hotspot.
  5. Dan Wifi adalah jalur sebaran layanan internet, sedangkan Hotspot adalah ujung tombak persebaran internet. Yang digunakan untuk dapat log-in hotspot biasanya para pengguna akan diarahkan ke landing page.

Itulah tadi perbedaan dari keduanya, Jika dibandingkan dengan wifi kelemahan hotspot ada di segi keamanannya. Peretas lebih mempunyai kelonggaran untuk mengambil alih kendali dari para pengguna aslinya. Hal ini dikarenakan enkripsi terhadap data sangatlah bervariasi dan cenderung cukup longgar.

Terima Kasih !

Leave a Comment